Home / Berita Daerah / Ketua KPU Sulawesi Tengah menerima Pengurus Partai Gerindra Donggala

Ketua KPU Sulawesi Tengah menerima Pengurus Partai Gerindra Donggala

fruit_img_6807 1068 x 712kpu-sultengprov.go.id,- Pasca ditetapkan dan dikeluarkannya surat keputusan KPU RI nomor 309/Kpts/III/2014 tanggal 14 maret 2014 yang menyatakan Partai Gerindra Donggala menjadi salah satu partai dari 9 Partai Politik di 25 Daerah di Indonesia yang dibatalkan keikutsertaanya dalam pemilu 9 April 2014 mendatang. Senin (17/03/2014) Pukul 12:30 Wita, Puluhan orang Pengurus Partai Gerindra dan calon anggota Legislatif Kabupaten Donggala  mendatangi kantor KPU Sulawesi Tengah untuk mengklarifikasi dan meminta penjelasan terkait dengan hal tersebut diatas.

Kedatangan Pengurus Partai Gerindra Donggala tersebut di terima langsung oleh Ketua KPU Provinsi Sulawesi Tengah didampingi oleh Divisi Hukum Naharuddin, SH,MH serta Divisi Teknis Samsul Y.Gafur, SH dengan mengambil tempat di Ruangan rapat Kantor KPU Sulawesi Tengah.

Pertemuan yang penuh kekeluargaan ini berlangsung selama 2 jam, yang membahas tentang di diskualifikasinya partai Gerindra Donggala dari Keikutsertaan pada Pemilu 9 april mendatang. Pengurus Partai Gerindra mempertanyakan mengapa partai lain terlambat melaporkan dana kampanyenya akan tetapi bisa diloloskan mengikuti pemilu. Dalam penjelelasannya Ketua KPU Sulawesi Tengah Sahran Raden Mengatakan “ Kami (KPU Sulteng ) hanya mengumumkan hasil dari KPU RI. Namun demikian, masih ada langkah hukum bagi Gerindra menanggapi keputusan ini. Langkah hukum diberikan maksimal tiga hari setelah keputusan diterima partai,” terang Sahran

Sementara itu Anggota KPU Divisi Hukum Naharuddin menambahkan bahwa perbedaan keputusan antara Gerindra Donggala dan Demokrat Morowali demikian juga di Tolitoli sekali lagi menjadi wewenang KPU RI. Naharuddin menuturkan, KPU Sulteng dan kabupaten/kota telah membeberkan berita acara secara terperinci kepada KPU RI perihal keterlambatan penyetoran laporan dana kampanye tersebut. “Bisa dibilang dari A sampai Z kami sudah paparkan alasan keterlambatan laporan dana kampanye itu dalam berita acara ke KPU RI. Namun keputusan final ada di KPU RI. Mereka yang mengkaji kemudian memutuskan,” jelasnya.

Setelah menerima penjelasan dari Komisioner KPU Sulawesi Tengah pengurus Partai Gerindra Donggala kemudian mengakhiri pertemuan tersebut dengan saling berjabat tangan. (red)

About mresha

Check Also

Foto Ajir Morowali

KEGIATAN RAKOR DAN BIMTEK PENCALONAN DI KABUPATEN MOROWALI

     Pada tanggal 23-24 september 2017 ketua KPU Provinsi Sulawesi Tengah Sahran Raden, S.Ag., SH., ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>