Home / Berita Daerah / RAPAT KOORDINASI PEMUTAKHIRAN DAFTAR PEMILIH BERKELANJUTAN TAHUN 2017

RAPAT KOORDINASI PEMUTAKHIRAN DAFTAR PEMILIH BERKELANJUTAN TAHUN 2017

Rakor Pemutakhiran Data Pemilih 12 Juli 2017   Palu,sulteng.kpu.go.id, KPU Provinsi Sulawesi Tengah menggelar Rapat Koordinasi Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan Tahun 2017 KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota Se Sulawesi Tengah. Acara yang digelar pada hari Rabu tanggal12 Juli 2017di Aula Kantor KPU Provinsi Sulawesi Tengah. Hal ini berdasarkan Surat Ketua KPU Nomor 412/KPU/VI/2017 Tanggal 20 Juni 2017 Perihal Tindak Lanjut Rapat Koordinasi Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan .

Dalam kesempatan itu, Ketua KPU Provinsi Sulawesi Tengah Bapak Sahran Raden, S.Ag., SH., MH memberikan sambutan bahwa “sesuai dengan Surat Edaran KPU Nomor 721 dan Nomor 421 tentang Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan maka kita perlu menindaklanjuti disemua satker terutama di KPU Provinsi Sulawesi Tengah untuk berkoordinasi dengan KPU Kabupaten/Kota. Perintah untuk melakukan Pemutahiran Data Pemilih Berkelanjutan berada pada KPU Kabupaten/Kota. Oleh karena itu perlu diketahui bersama bahwa salah satu penopang atau instrument penyanggah dari suatu pemilu yang berkualitas yaitu dengan adanya Daftar pemilih yang baik, yang valid, yang komprehensif, dan akurat datanya sehingga menghasilkan pemilu yang berkualitas. Demikian pula dengan sebaliknya jika kualitas data pemilih yang buruk maka hasil pemilu kita juga akan buruk. Oleh karena itu, salah satu yang menjadi penyanggah utama dalam kerangka utama pemilu dan pilkada itu adalah pemutakhiran data pemilih. Salah satu yang paling penting untuk ditindaklanjuti adalah data pemilih berkelanjutan. Kualitas penyelenggaraan pemilu dan pilkada menjadi baik dan berkualitas hasilnya itu tergantung dari metode dan pelaksanaan pemutakhiran  data pemilih yang sebenarnya kita mulai dengan program konsolidasi Pemutakhiran data pemilih berkelanjutan” demikian ungkap beliau.

Peserta dalam rapat koordinasi berjumlah 26 (dua puluh enam) orang yang terdiri dari :

  • Anggota KPU Kab/Kota Divisi yang membidangi Data Pemilih
  • Operator Sistem Informasi Data Pemilih (SIDALIH) KPU Kab/Kota Se Sulawesi Tengah

 Pada Rakor ini seluruh peserta menyampaikan hasil Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan yang dilakukan di Kabupaten/Kota masing-masing dengan melibatkan Disdukcapil setempat.

About yuko

Check Also

Jalan Santai Pilkada Morowali Juli '17

JALAN SANTAI PILKADA SERENTAK TAHUN 2018 KABUPATEN MOROWALI

    Palu,sulteng.kpu.go.id, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Morowali melaksanakan jalan santai dalam rangka menyambut Pilkada Serentak ...