Breaking News
Home / Berita Daerah / RAPAT KOORDINASI NASIONAL RUMAH PINTAR PEMILU 2017

RAPAT KOORDINASI NASIONAL RUMAH PINTAR PEMILU 2017

Rakornas RPP 24 Agust 2017     Palu,sulteng.kpu.go.id, Rapat Koordinasi Nasional Rumah Pintar Pemilu dengan tema “Peran Rumah Pintar Pemilu mewujudkan target pertisipasi masyarakat dalam RPJMN”. Pelaksanaan Rakoras Rumah Pintar Pemilu dipusatkan di Sulawesi Tengah yang diikuti oleh :

  • 34 Anggota KPU Provinsi/KIP Aceh (Divisi sosialisasi dan pendidikan pemilih)
  • 34 Sekretaris KPU Provinsi/KIP Aceh
  • 18 Anggota KPU Kabupaten/Kota yang menjadi pilot project Rumah Pintar Pemilu Tahun 2015
  • 5 Anggota KPU Kabupaten/Kota perwakilan Rumah Pintar Pemilu Tahun 2017
  • 18 Sekretaris KPU Kabupaten/Kota yang menjadi pilot project Rumah Pintar Pemilu Tahun 2015
  • 4 Sekretaris KPU Kabupaten/Kota perwakilan Rumah Pintar Pemilu Tahun 2017

Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 (tiga) hari dari tanggal 24 – 26 Agustus 2017 bertempat di Swissbel Hotel Palu yang dibuka oleh Anggota KPU RI Wahyu Setiawan selaku pimpinan rapat tanggal 24 Agustus 2017 pukul 20.00 wita, dalam sambutannya mengatakan bahwa Rumah Pintar Pemilu menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam upaya meningkatkan partisipasi masyarakat, pada saat RDP ada masukan dari Komisi II DPR terkait Rumah Pintar Pemilu. Rumah Pintar Pemilu merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan partisipasi politik dalam Pemilu, juga diharapkan sosialisasi pendidikan pemilih berkelanjutan. Metode yang digunakan KPU RI dalam melakukan kegiatan sosialisasi pendidikan pemilih adalah metode sosialisasi pendidikan pemilih berbasis keluarga. Pendidikan yang dimaksud adalah pengetahuan yang menimbulkan kesadaran politik warga, sehingga sosialisasi dan pendidikan pemilih adalah bagian integral.

Adapun sambutan dari Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Tengah dalam hal ini yang disampaikan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah Drs. H. Hidayat Lamakarate, M.Si menyampaikan bahwa kiranya kegiatan rakornas ini dapat memberikan kontribusi dan bermanfaat dalam meningkatkan integritas pemilu. Pemerintah Daerah Sulawesi Tengah sangat mendukung rencana KPU Provinsi Sulawesi Tengah untuk membangun museum Pemilu adalah gagasan yang baik, dengan meminta kepada KPU untuk segera mengajukan proposal pembagunan museum Pemilu ke Pemerintahan Sulawesi Tengah. Rumah Pintar Pemilu sangat penting dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilihan, jika partisipasi masyarakat meningkat maka faktor demokrasi akan lebih baik.

About yuko

Check Also

Rapat Pleno rutin 2 Okt 2017

RAPAT PLENO RUTIN KPU PROV. SULTENG TAHUN 2017

      Palu,kpu-sultengprov.go.id, Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sulawesi Tengah melaksanakan Rapat Pleno rutin yang dilaksanakan hari ...