Home / Berita Daerah / KPU Pastikan Hak Pilih Daerah Bencana
d5f38f4ed5fca71aea8998010e725ef1

KPU Pastikan Hak Pilih Daerah Bencana

Palu, kpu.go.id – Bencana gempa, tsunami dan lukuifaksi yang melanda Sulawesi Tengah (Sulteng) telah menjadi keprihatinan bersama semua anak bangsa. Tak terkecuali Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI yang terus memberikan perhatian kepada warga untuk bangkit dan tidak melupakan haknya di Pemilu 2019.
Bersama jajaran KPU Provinsi Sulteng serta KPU Kota Palu, jajaran KPU RI pun mengunjungi masyarakat di Kelurahan Petobo, Palu, Sulteng (13/12/2018). Disana KPU RI memberikan sosialisasi dan pendidikan pemilih guna tetap menjaga partisipasi mereka di pemilu nanti.
 
Hadir dalam kegiatan ini Anggota KPU Provinsi Sulteng Divisi Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat Sahran Raden, Anggota KPU Sulteng Divisi Teknis Samsul Y Gafur serta Dosen Institut Agama Islam Negeri Palu Muhtadin Daeng Mustafa.
 
Sahran Raden dalam penjelasannya menyemangati warga pemilih untuk tetap kuat dan bangkit menghadapi situasi yang ada saat ini. Menurut dia masa depan Palu, Sulteng dan Indonesia tetap ada di tangan masyarakat, dan salah satunya dilakukan melalui pemilu yang berlangsung serentak. “Pemilu 2019 nanti akan dilaksanakan serentak antara pemilu presiden dan wakil presiden serta pemilu DPR RI, DPRD provinsi, DPRD Kabupaten, dan Pemilihan DPD,” ujarnya.
 
Samsul Y Gafur dalam kesempatan itu memastikan masyarakat Palu yang tertimpa musibah tetap dipastikan masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). Mereka juga diberikan hak yang sama seperti pemilih lainnya, seperti hak untuk mereka yang ingin pindah memilih. “Warga yang hendak pindah memilih harus memiliki formulir A5 agar bisa menggunakan hak pilihnya di tempat yang dituju,” tuturnya.
 
Senada Muhtadin Daeng Mustafa memberikan optimisme warga akan segera bangkit dan semangat dalam menghadapi bencana. Musibah menurut dia adalah bentuk kasih sayang Tuhan kepada umatnya. “Musibah sebagai pelajaran agar masyarakat kuat untuk menentukan masa depan, termasuk menentukan masa depan bangsa melalui pemilu,” pungkas dia.

About Heru Sopian

Check Also

Lindungi Hak Pilih warga, KPU Banggai layangkan sejuta surat

Lindungi hak pilih warga,  KPU Banggai layangkan sejuta surat. Setelah melalui proses panjang KPU Banggai ...