Home / Berita Umum / KPU Provinsi Sulawesi Tengah Melaksanakan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Penetapan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan-2 (DPTHP-2) Pemilu 2019
WhatsApp Image 2018-11-27 at 10.21.24

KPU Provinsi Sulawesi Tengah Melaksanakan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Penetapan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan-2 (DPTHP-2) Pemilu 2019

bertempat di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Tengah Rabu 13 November 2018 KPU Provinsi Sulawesi Tengah Melaksanakan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Penetapan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan-2 (DPTHP-2) Pemilu 2019. yang dihadiri oleh KPU Kabupaten/Kota Se Sulawesi Tengah, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Tengah, Calon Anggota DPD-RI, POLDA Sulawesi Tengah dan Kesbangpol Provinsi Sulawesi Tengah, Kegiatan ini dibuka oleh Ketua KPU Provinsi Sulawesi Tengah Tanwir Lamaming, beliau menyampaikan dalam sambutannya bahwa Jumlah pemilih pasti berubah pascagempa dan tsunami yang melanda Palu, Donggala, dan Sigi,  Sebelum gempa dan tsunami menghantam Sulawesi Tengah Khususnya Kota Palu, Kabupaten Sigi, dan Kabupaten Donggala, Tanwir menuturkan, bencana yang menelan lebih dari dua ribu jiwa itu berdampak pada daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2019 secara nasional. jumlah pemilih tetap mencapai 1.886.810 juta orang. Jumlah ini terdiri atas 959.571 orang laki-laki dan 927.239 perempuan. data yang dihimpun Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat sebanyak 2.010 orang meninggal dunia. Para korban tersebar dari beberapa wilayah, yakni Kota Palu, Kabupaten Donggala, Sigi, dan sebagian Kabupaten Parigi Moutong. Hal itu juga berdampak ke para penyelengara Pemilu, khususnya sebagai panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS) tingkat desa/kelurahan. “Untuk peserta pemilu, berpengaruh pada dafar calon tetap (DCT), baik DPRD kota/kabupaten maupun DPRD Provinsi Sulteng, mungkin ada yang meninggal atau luka, dan dalam kegiatan Rapat Pleno Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Perbaikan-2 (DPTHP-2 ) inilah waktu yang tepat untuk melakukan, melaporkan dan mendata kembali masyarakat yang meninggal dunia.

Hasil Rapat Pleno Rekapitulasi DPTHP-2 yang ditetapkan pada tanggal 14 Nobvember 2018 dari 13 Kabupaten/Kota yang telah menyelesaikan Finalisasi Sistem Data Pemilih (SIDALIH) 100% hanya 6 (enam) Kabupaten yaitu:

  • Kabupaten Toli-toli
  • Kabupaten Banggai Kepulauan
  • Kabupaten Banggai Laut
  • Kabupaten Tojo Una-una
  • Kabupaten Buol, dan
  • Kabupaten Parigi Moutong

untuk 4 (empat) Kabupaten pelaksanaan Rekapitulasi dilakukan penundaanberdasarkan Surat Rekomendasi Bawaslu Provinsi Sulawesi Tengah Nomor 0122/K.ST/PM.00.01/XI/2018 yaitu:

  • Kabupaten Banggai
  • Kabupaten Poso

Bawaslu Provinsi Menemukan bahwa proses penyempurnaan DPTHP-1 belum secara penuh terlaksana, sedangkan,

  • Kabupaten Morowali Utara, dan
  • Kabupaten Morowali.

dikarenakan ada kendala Listrik dan Jaringan Internet yang tidak maksimal sehingga tidak sesuai dengan pencermatan bersama di Aplikasi SIDALIH, Khusus untuk 3 (tiga) Kabupaten/Kota yaitu:

  • Kota Palu
  • Kabupaten Sigi, dan
  • Kabupaten Donggala

penyempurnaan DPTHP-1 belum terlaksana sebagaimana mestinya yang diakibatkan oleh dampak Bencana Alam Gempa, Likuifaksi dan Tsunami.

About Heru Sopian

Check Also

Pungut Hitung : Rohnya Pemilu 2019

Palu.———Pemungutan dan penghitungan suara pemilu pada 17 April 2019 merupakan ruh nya pemilu 2019. Sebab ...