Home / Berita Umum / KPU Sulteng Launching Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Tahun 2020

KPU Sulteng Launching Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Tahun 2020

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) resmi meluncurkan tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Tahun 2020, di Hotel Best Western Coco Palu, Sulteng, Minggu (15/12/2019) malam.

Seremoni peluncuran ditandai dengan pemukulan timpani oleh Komisioner KPU RI, Viryan dan KPU Provinsi Sulawesi Tengah, bersama jajaran dan stakeholder lainnya. Dalam sambutannya, Ketua KPU Provinsi Sulawesi Tengah Tanwir Lamaming menginformasikan bahwa tak terasa sudah satu tahun lamanya semenjak terjadinya bencana alam yang melanda daerah Sulteng khususnya Kota Palu, Kabupaten Donggala dan Sigi yang begitu dahsyat menerpa ketiga daerah tersebut, namun kami bersama-sama bisa bangkit dan menjalankan Pemilu tahun 2019 dengan baik dan sukses.

berharap untuk menghadapi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Tahun 2020  sukses dan berjalan dengan baik. tapi di balik kesuksesan Pemilu itu kami tak lepas dari dukungan seluruh elemen masyarakat (khususnya di wilayah Sulteng) untuk Bersama membantu menyukseskan semua proses Tahapan Pemilihan 2020, tuturnya

Komisioner KPU RI, Viryan mengajak seluruh elemen masyarakat di wilayah Sulteng untuk bersama mengefektifkan pelaksanaan Pemilihan 2020. Hal itu disampaikan Viryan menyusul adanya isu penghapusan pemilihan langsung karena dianggap membebani anggaran.

“Kami ingin sampaikan mari kita berdemokrasi secara kafah. Maknanya, kita tidak lagi pahami anggaran pemilihan buang-buang uang, suka tidak suka pemilihan kepala daerah sudah menjadi norma demokrasi, poinnya mari kita efektifkan. Tapi, saat ini kita semua elemen masyarakat mari kita bergandengan tangan untuk efektifkan Pemilihan 2020 sebagai pembangunan politik yang berkualitas dan berintegritas tahun 2020,” tegas Viryan.

Viryan mengatakan pemilihan sejatinya merupakan bagian dari pembangunan. “Dengan catatan strategis hanya dengan pemilihan atau pemilu masyarakat dapat memilih pemimpinnya, yang nantinya akan menentukan pembangunan jalan, gedung dan memberikan kompensasi guru,” sambungnya.

Melalui kesempatan itu, Viryan memberikan tiga ‘tas’ kepada penyelenggara pemilu. Ketiga tas itu terdiri dari nilai yang harus selalu dipegang teguh oleh penyelenggara.

“Tas yang pertama adalah integritas, integritas harga mati, selama kita berpegang pada integritas suka tidak suka, semua akan menerima apa yang kita lakukan. Tas yang kedua adalah kerja keras, berikan yang terbaik,” papar Alumnus Universitas Tanjungpura itu.

Tas terakhir yaitu sinergitas, artinya penyelenggara pemilu harus bekerja bersama rekan-rekan KPU Provinsi harus melibatkan KPU Kabupaten/Kota. “Kami mohon doa restu jajaran kami sampai tingkat KPPS bisa bekerja dengan baik pada Pemilihan 2020,” pugkasnya

Terlepas dari itu, kegiatan peluncuran berjalan meriah, melalui acara itu Maskot Si Macaca dan Jingle Pemilihan juga diperkenalkan. Sebagai informasi, Selain jajaran KPU Provinsi Sulteng, kegiatan launching juga dihadiri oleh Wakil Gubernur Sulteng, Rusli Baco Dg Pallabi serta Ketua DPRD Sulteng, Nilam Sari Lawira.

About Heru Sopian

Check Also

Just how To be able to Choose  gambling establishment games

Just how To be able to Choose  gambling establishment games   Could certainly Document gain ...