Home / Berita Umum / Memastikan kesiapan Pemilu 2019, KPU Banggai Gelar Rakor bersama FORKOPIMDA

Memastikan kesiapan Pemilu 2019, KPU Banggai Gelar Rakor bersama FORKOPIMDA

a2711241-f591-4655-8775-e70097277a01

Luwuk, 1 Februari 2019

Bertempat di Ruang Rapat Kantor KPU Banggai, Jumat tanggal 1 Februari 2019 KPU Banggai menggelar Rapat Koordinasi bersama FORKOPIMDA Kab. Banggai, Hadir lengkap dalam rakor, Bupati Banggai, Wakil Bupati Banggai, Ketua DPRD Banggai, Kapolres Banggai, Dandim 1308, Kajari Banggai, Pengadilan Negri Kab Banggai, Sekretaris Daerah Kab. Banggai, serta Komisioner KPU di hadiri oleh Ketua KPU Banggai Zaidul Bahri Mokoagow, Divisi Tekhnis Makmur Manesa, Divisi Hukum Supriadi Lawani dan Divisi Sosialisasi Dan Parmas Alwin Palalo, Sekretaris KPU Banggai dan Kasubag.
Dalam pertemuan tersebut KPU Banggai memaparkan kesiapannya untuk melaksanakan pemilu pada tanggal 17 April 2019. Zaidul Bahri Mokoagow di awal pengantarnya menjelaskan tentang tahapan pemilu yang sudah di laksanakan dan yang akan di laksanakan berdasarkan Undang -undang No 7 Tahun 2017.
” saat ini kita sudah masuk pada tahapan Kampanye dan kurang lebih 3 bulan lagi akan di laksanakan punggut hitung, bersamaan juga berdasarkan PKPU 11 Tahun 2018 dan PKPU 37 Tahun 2018 KPU sedang mendata kategori pemilih yang masuk dalam DPTB dan DPK, sedangkan untuk DPT kita sudah di tetapkan 255.960, selain itu kami juga intens berkoordinasi dengan Dukcapil terkait dengan pemilih kita yang belum mengantongi KTP el ataupun Suket, dengan Rakor ini semoga bisa terselesaikan dengan cepat, ujar Zaidul Bahri Ketua KPU Banggai”.
Dalam pertemuan itu juga di bahas terkait disribusi dan tempat penyimpanan kotak suara yang akan menumpuk di kecamatan, setelah KPPS menghitung suara di TPS selanjutnya akan di lakukan rekap di PPK. ” ini penting untuk kita sampaikan mengingat KPU Banggai harus memastikan tempatnya harus kondusif dan aman, apakah ada gedung yang bisa kita gunakan nanti di Kecamatan, begitu juga pada saat rekap di Kabupaten, Gedung KPU tidak bisa menampung dengan kapasitas yang besar, Zaidul Bahri menambahkan.
Pertemuan ini di respon baik, dan di selingi dengan tanya jawab dan diskusi mencari solusi terkait kendala – kendala yang di Hadapi oleh KPU.
Pemerintah Kabupaten Banggai melalui Bupati siap memfasilitasi pemerintah kecamatan dan Pemerintah Desa untuk di hadirkan dan KPU mensosialisasikan tentang pemilu khususnya masalah daftar pemilih, pengenalan peserta pemilu, surat suara dan tata cara mencoblos, agar partisipasi pemilih meningkat dan bisa mencapai minimal 77,5 persen.
Sedangkan untuk distribusi logistik dan gudang pelipatan surat suara Kapolres Banggai siap untuk menyediakan dan di lengkapi CCTV.
Pada prinsipnya TNI/POLRI siap mendukung pelaksanaan Pemilu 2019 di Kabupaten Banggai dengan aman dan damai, tutup Dandim 1308 di amini oleh Bapak Kapolres Banggai.

About cherlyazharuddin

Check Also

Partisipasi Pemilih Butuh Kualitas dan Kesadaran

Palu—–, Pemilu yang berkualitas salah satu ukurannya adalah sangat tergantung pada tingkat partisipasi pemilih yang ...