Home / Berita Umum / Penerimaan LPSDK di KPU Kota Palu

Penerimaan LPSDK di KPU Kota Palu

08b13c4f-712c-4cd6-a047-5a65a12eb62eKamis, 3 Januari 2019 KPU Kota Palu telah mengumumkan hasil penerimaan Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK) melelalui pengumuman No.01/PL.01.6-PU/7271/KPU Kot/I/2019. Dari 2 tim kampanye pasangan calon presiden dan wakil presiden semua menyampaikan LPSDK dan 15 partai politik peserta Pemilu 2019 tingkat Kota Palu menyampaikan LPSDK. Penyampaian LPSDK diawali oleh Partai Golkar dan tim kampanye pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 pada pukul 10.00 wita dan ditutup oleh Partai Hanura pada pukul 18.00 wita.
Berdasarkan hasil pencermatan, kedua tim kampanye pasangan calon Presiden dan wakil presiden yang menyampaikan LPSDK, semua dinyatakan lengkap dan sesuai dokumen yang disampaikan. Sementra 15 partai politik peserta Pemilu 2019 tingkat Kota Palu yang menyampaikan LPSDK, 6 diantaranya oleh KPU Kota Palu dinyatakan tidak lengkap dokumen LPSDK yang disampaikan yaitu NasDem, Berkarya, Perindo, PPP, PSI dan PBB. Ketidak lengkapan dokumen LPSDK yang disampaikan sebagian karena tidak lengkapnya dokumen LPSDK4 karena ada calon anggota DPRD yang tidak memasukkan LPSDK4 kepada partai politik yang menurut laporan partainya karena yang bersangkutan telah hilang akibat bencana alam pada tanggal 28 september 2018 lalu. Sementara penyebab lainnya adalah karena ketidak sesuaian dokumen LPSDK yang disampaikan.
Jumlah total penerimaan sumbangan dana kampanye peserta Pemilu 2019 tingat Kota Palu berjumlah Rp.575.333.750. Dari jumlah total tersebut terdiri atas sumbangan dalam bentuk uang, barang dan jasa. Hasil rekapitulasi jumlah sumbangan yang dilakukan oleh tim help desk dana kampanye KPU Kota Palu, terlihat bahwa jumlah terbesar sumbangan dana kampanye yang diterima oleh peserta Pemilu 2019 tingkat Kota Palu adalah berupa sumbangan dalam bentuk jasa yang bersumber dari biaya kampanye calon anggota DPRD. Dana kampanye yang digunakan oleh calon anggota DPRD pada saat kampanye secara otomatis akan masuk sebagai sumbngan dana kampanye dalam bentuk jasa untuk partai poliitiknya.

About cherlyazharuddin

Check Also

Pengumuman Hasil Audit Laporan Dana Kampanye Partai Politik Tingkat Provinsi sulawesi Tengah pada Pemilu Tahun 2019.

Palu, 1 Juni 2019, komisi Pemilihan Umum Provinsi Sulawesi Tengah mengumumkan hasil audit dana Kampanye ...