SEPUTAR SULTENG

Rakor Pencuplikan KTA Partai Politik Calon Peserta Pemilu Tahun 2014

Palu,kpu-sultengprov.go.id,-Berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 11 Tahun 2012 Tentang Perubahan Atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 07 Tahun 2012 Tentang Tahapan, Program Dan Jadula Penyelenggaraan Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah Dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Tahun 2014, Hari Ini Adalah Tahapan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten/Kota Se Sulawesi Tengah Untuk Melaporkan Penelitian Administrasi Hasil Perbaikan Kepada Kpu Provinsi, Karena Kpu Provinsi Akan Segera Melanjutkan Laporan Kepada Kpu Pusat Yang Berakhir Pada Tanggal 25 Oktober 2012.

Hasil Verifikasi Administrasi Tersebut Akan Ditindaklanjuti Dengan Verifikasi Faktual Keanggotaan Partai Politik Calon Peserta Pemilu. Pasal 20 Ayat 2 PoinA� A Sampai M Menjelaskan Proses Dari Verifikasi Faktual Itu Sendiri Yang Dilaksanakan Oleh Kpu Kabupaten/Kota Mulai Tanggal 26 Oktober 2012 Sampai Dengan Tanggal 20 November 2012.Sebelum Melakukan Verifikasi Faktual Tentunya Perlu Pemahaman Terhadap Metode-Metode Yang Akan Dipergunakan DalamA� Pencuplikan Sampel.

Metode Verifikasi Faktual Dilakukan Dengan Metode Sampel Acak Sederhana Atau Sensus, Tergantung Dengan Jumlah Penduduk Disuatu Wilayah/Daerah. Metode Sampel Acak Sederhana Dilakukan Dengan Mengambil Dan Meneliti Secara Acak 10 % (Sepuluh Persen) Dari Seluruh Nama Anggota Partai Politik Pada Kepengurusan Di Kabupaten/Kota Terhadap Keanggotaan Partai Politik Lebih Dari 100 Orang. Penentuan Sampel Telah Diatur Dalam Lampiran Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 12 Tahun 2012 Dengan Menggunakan Rumus Microsoft Office Excel Yang Mengacak Angka-Angka Yang Dimasukkan Dalam Rumus Tersebut.

Penentuan Sampel Ini Dilakukan Oleh Komisi Pemilihan Umum Kabupaten/Kota Dibawah Supervisi Kpu Provinsi Dan Hasilnya Dilaporkan Kepada Komisi Pemilihan Umum.Komisi Pemilihan Umum Kabupaten/Kota Dalam Melaksanakan Verifikasi Faktual Keanggotaan Partai Politik Dengan Cara Tatap Muka Untuk Mencocokkan Dan Meneliti Kesesuaian Kartu Tanda Anggota Dengan Nama Setiap Anggota Partai Politik. Hasil Verifikasi Faktual Keanggotaan Partai Politik Melalui Metode Sampel Diproyeksikan Terhadap Jumlah Populasi Untuk Diketahui Pemenuhan Syarat Minimal 1.000 Orang Atau 1/1000 Orang Anggota Partai Politik Dikabupaten/Kota Yang Bersangkutan. (bb/Red)

Related Articles

Back to top button
Close