BAG. HUKUM, TEKNIS & HUPMAS

PEMILU DEMOKRATIS

Pemilu selain sebagai sarana mengkonversi suara menjadi kursi diparlemen, Pemilu juga merupakan sarana untuk memilih pemimpin dalam rangka mewujudkan pemerintahan yang demokratis.

Paramater pemilu demokratis salah satunya adalah dengan memberi kesempatan dan keikutsertaan rakyat dalam proses tahapan pemilu secara terbuka dan Partisipatif

Media pers sebagai fourth estate setelah eksekutif, legislatif dan yudikatif dalam pemikiran politik Trias Politica ( James Curren :2002 ).

Media mesti harus memberi saluran komunikasi antara penyelenggara pemilu, Parpol, Calon dan Pemilih. Agar menjadi literasi politik warga dan semua pihak untuk ikut memonitor aktivitas pemilu di Indonesia termasuk di sulawesi Tengah.

KPU Provinsi Sulawesi Tengah, beriktiar berdiskusi dengan sejumlah media terkait dengan tahapan yang saat ini sedang dilaksanakan yakni ; Tahapan Pencalonan DPR, DPD, DPRD serta Tahapan DPSHP dalam Pemutakhiran Data Pemilih Pemilu 2019.

Melaui Coffe Morning dan Diskusi Rool Table bersama Media, Dir. Intelkam Polda Sulteng dan Bawaslu Provinsi Sulteng diharapakan bisah bersinergi menyampaikan informasi kepemiluan di Sulteng.

Dilaksanakan di Caffe Universitas Alkhairaat Palu. Sabtu, 21 Juli 2018

Dilanjutkan dengan Penyerahan Dokumen hasil Verifikasi Kelengkapan Syarat Bakal Calon Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Tengah di Kantor KPU Provinsi Sulawesi Tengah.

penulis : Sahran Raden, S.Ag, SH, MH

 

http://www.kabarselebes.id/2018/07/kpu-jurnalis-coffee-morning-bahas-tahapan-pemilu-2019/.

http://www.kabarselebes.id/2018/07/635-bacaleg-dprd-sulteng-perempuan-33/.

Berkas Bacaleg Belum Lengkap Segera Dikembalikan

Related Articles

Back to top button
Close