SEPUTAR SULTENG

KPU Sulteng Gelar Rakor Pemuktahiran Data Pemilih Pilgub Sulteng 2020

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tengah (Sulteng), melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Sulteng, Dukcapil Kabupaten se Sulteng dan Stakeholder lainnya.

Sumber foto : Abd. Basith

Rakor yang berlangsung di Swissbel Hotel Palu itu, juga dihadiri komisioner KPU Sulteng dan komisioner KPU Kabupaten/Kota se Sulteng. Kegiatan itu dibuka langsung Ketua KPU Sulteng Tanwir Lamaming, Senin (24/2/2020).

Sumber foto : Abd. Basith

Ketua KPU Sulteng, Tanwir Lamaming dalam sembutannya mengatakan, data pemilih harus berbasis yang benar. Sehingga dibutuhkan kontribusi pemikiran dan tindakan dari Dinas Dukcapil Sulteng serta Dinas Dukcapil Kabupaten/Kota Se Sulawesi Tengah. Dengan begitu, Tanwir Lamaming meyakini dapat meningkatkan daftar pemilih tetap di Pilkada Sulteng tanggal 23 September 2020 mendatang.

“Kita berharap sinergitas yang sudah terbangun antara KPU dan Dinas Dukcapil dari pemilu 2019 kemarin masih tetap terjaga sampai sekarang, untuk kemudian memaksimalkan pemutahiran dan pendataan pemilihan kepala daerah di Sulawesi Tengah,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Tanwir menyampaikan, kiranya KPU Kabupaten/Kota untuk tetap bersinergi dengan stakeholder khususnya Dinas Dukcapil bersama – sama mensukseskan penyelenggaraan pemilihan kepala daerah dan memastikan semua peserta pemilih dapat menyalurkan suaranya.

Sementara itu, Ketua Panitia, Chili Cahya Ningrum menjelaskan, tujuan dari rapat koordinasi yakni mendorong terwujudnya komitmen penyelenggara pemilihan se Sulawesi Tengah dan stakeholder terkait dalam mengakomodir hak pilih warga negara.

“Yang pasti memutakhirkan dan mensinergikan data penduduk yang ada di aplikasi Dukcapil dan data pemilih dalam aplikasi Sidalih KPU dan memastikan setiap warga negara potensial pemilih dapat menyalurkan hak suara tanpa hambatan administrasi sesuai konstitusi,” sumber : miftahul afdal/sultengnews.com

Related Articles

Back to top button
Close