Berita

Mengoptimalisasikan Peran Bakohumas, KPU SULTENG Gelar Diskusi

KPU Sulteng

Palu, sulteng.kpu.go.id – Dalam upaya mengoptimalkan peran dan fungsi Kehumasan Pemilu, KPU Provinsi Sulawesi Tengah menggelar diskusi publik. Diskusi dilaksanakan pada, Kamis (3/06/21) yang dilaksanakan secara virtual. KPU Provinsi Sulawesi Tengah menyelenggarakan Diskusi Badan Koordinasi bertemakan Optimalisasi peran Humas dalam Menghadapi Pemilu dan Pemilihan Serentak Tahun 2024.  Kegiatan ini menhadirkan narasumber, Dewa Wiarsa  Raka Sandi, Anggota KPU RI, Roby Leo Agust Kabag Humas dan Informasi  Publik Biro Partisipasi dan Hubungan Masyarakat KPU RI, Adiman Kabag Humas Pemprop Sulteng dan Sahran Raden, Anggota KPU Sulteng.

Kegiatan ini diikuti oleh peserta dari KPU Kabupaten/Kota Se-Sulawesi Tengah dan Kabag Humas Pemda Kab/Kota. Kegiatan dibuka oleh Ketua KPU Provinsi Sulawesi Tengah Tanwir Lamaming. Dalam sambutannya, Tanwir menyampaikan bahwa tujuan utama Bakohumas sangat strategis dalam rangka memperispakan diri untuk menghadapi Pemilu dan Pemilihan Tahun 2024.

Selanjutnya, Dewa Wiarsa Raka Sandi dalam arahannya menyampaikan bahwa mengapersiasi kegiatan ini secara positif sebagai upaya mengoptimalkan dan mengevaluasi kerja publik relation KPU Provinsi Sulawesi Tengah dalam rangka menyampaikan informasi kepemiluan. KPU RI telah menyiapkan  agenda strategis  dalam mempersiapkan pemilu 2024.

Dewa Raka Sandi mengharapkan  dari diskusi Bakohumas yang diselenggarakan, dapat dirumuskan Langkah-langkah konkrit selanjutnya terkait dengan Bakohumas serta program-program yang dapat dilaksanakan dalam waktu dekat. Selanjutnya Dewa menyampaikan dalam pelaksanaan dilapangan tentu akan terdapat berbagai kendala, harapannya kendala-kendala tersebut dapat dicarikan jalan keluarnya. Dalam arahan tersebut juga disampaikan perkembangan pembahasan dalam menyongsong tahapan Pemilu/Pemilihan Tahun 2024. Olehnya, Dewa menekankan harapannya agar KPU Sulteng dan jajarannya dalam menghadapi Pemilu 2024 dapat mempersiapkan penataan kelembagaan atau organisasi, penyiapan SDM serta dapat memberikan masukan kepada KPU RI. Terakhir, peran bakohumas sangat penting. Selain mengkomunikasikan apa yang dilaksanakan dan program KPU, yang tidak kalah penting adalah melalui pelayanan kehumasan, data dan informasi yang diberikan kepada masyarakat, tegas Dewa.

Melalui koordinasi antar stakeholder, diharapkan literasi masyarakat pemilih, informasi yang beredar dimasyarakat dapat kita warnai dengan fakta yang berdasar hukum dan objektif.

Kegiatan ini juga dihadiri para komisioner KPU Provinsi Sulawesi Tengah yakni Halimah dan Samsul Gafur yang juga terut serta memberikan arahan dalam pembukaan kegiatan.

Kegiatan Diskusi Bakohumas yang dilaksanakan oleh KPU Provinsi Sulawesi Tengah diharapkan dapat meningkatan peran dan fungsi kehumasan  dalam menghadapi Pemilu Tahun 2024. (Ahmad)

Related Articles

Back to top button
Close
Close